Perkuat jaringan, BPPD bermitra dengan LPM kota Tomohon bersih-bersih di Kalimpesan

BPPD dan LPM kota Tomohon jadi mitra untuk Tomohon hebat


Sumber air Kalimpesan - Paslaten dua, 14 Februari 2023

Sebagai suatu badan yang baru terbentuk di pertengahan tahun 2022, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) kota Tomohon terus melakukan terobosan dan inovasi untuk memperkuat jaringan kerja - sama dengan berbagai stakeholder. 

Menurut Kepala BPPD Habelana Lucia Goni, hal ini tidak terlepas dari strategi untuk menunjang program kerja di semester satu tahun 2023 yang berjalan ini. 

Dengan belum adanya dana dari pemerintah dan biaya operasional yang masih sepenuhnya bersifat swadaya dari semua pengurus yang ada, maka terobosan harus dibuat mengingat tugas dan tanggung jawab besar yang dipikul oleh badan promosi wisata ini.

Groufie setelah selesai bersih-bersih sampah di Kalimpesan


Jalin kemitraan

Diantaranya BPPD menjalin kemitraan dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) kota Tomohon yang dikomandoi oleh Maria Polii. 

Suatu lembaga independen yang fokus untuk pemberdayaan SDM lokal dengan memanfaatkan sumber-sumber kekayaan alam yang banyak dimiliki oleh kota Tomohon untuk kesejahteraan masyarakat lokal itu sendiri.

Goni menuturkan bahwa BPPD sangat terbuka untuk bermitra dengan LPM kota Tomohon karena mendukung program - programnya dalam memberdayakan masyarakat lokal untuk mempersiapkan SDM di kota Tomohon agar siap dalam bertransformasi menjadi destinasi wisata dunia. 

Siap basah ditengah hujan angin, bersihkan sampah


Go green, no plastic movement on Valentine's day

Mengawali kerjasama ditahun ini, BPPD dan LPM kota Tomohon melakukan kegiatan bersih-bersih sampah plastik di sumber air Kalimpesan yang terdapat di Lingkungan 6, kelurahan Paslaten 2, kecamatan Tomohon Timur. 

Sesuai jadwal, kegiatan bersih-bersih rencananya akan dimulai pukul 09;00 pada tanggal 14 Februari dengan mengambil momentum Valentine day, namun apa daya hujan badai terus berlanjut hingga siang bahkan sampai sore hari.

Tapi team work ini sepertinya terdiri dari orang-orang bermental baja tak tergoyahkan. sekali layar terkembang pantang untuk mereka kembali, tutur Jimmy Pontoh salah satu anggota BPPD yang membidangi destinasi dan pengembangan produk.

Secara serempak mereka langsung turun ke sumber air bahkan kolam sambil membawa kantong dan memungut sampah plastik yang masih banyak berserakan di area sumber air ini, alhasil beberapa karung sampah plastik "sukses" dikumpulkan. 

BPPD, LPM dan PDAM siap tempur bersih sampah


Gerakan transformatif

Tidak mau ketinggalan, PDAM kota Tomohon pun mengirimkan bala bantuan untuk turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut. 

Nampak dalam kegiatan tersebut salah satu kabag bersama beberapa orang team PDAM turut terjun langsung membersihkan sampah plastik tanpa sungkan-sungkan bergabung dengan beberapa pengurus LPM tingkat kelurahan dan kecamatan.  

Dari sini dapat dilihat, kualitas kinerja dari BPPD dan LPM kota Tomohon yang mampu melakukan berbagai inovasi dan terobosan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak termasuk dengan PDAM untuk mencapai tujuannya secara professional dan proporsional. 

Kira-kira gebrakan apalagi yang akan dilakukan oleh BPPD dan LPM kota Tomohon ini?

Kita tunggu saja dan terus pantau untuk Tomohon Hebat. Salut!

(JRP)

Team LPM kota Tomohon, "Bersama membangun, membangun bersama!"

Bila kamu suka artikel ini, dishare ya.
Ayo bantu promosi kota Tomohon
menjadi "Tujuan Wisata Favorit" di Indonesia

Komentar

Top 5 artikel

Asal usul nama cap Tikus

Cap Tikus, Minuman tradisional dari Minahasa

Pasar tradisional Tomohon, EKSTRIM!

Daftar kelurahan/desa di kota Tomohon

5 tempat wisata populer di Tomohon