Petualangan di air terjun "Regesan" Tinoor


Water fall in Tinoor Tomohon North Sulawesi
Air Terjun "Regesan" Tinoor
Objek wisata yang satu ini termasuk agak sulit dikunjungi, apalagi oleh mereka yang memiliki keterbatasan fisik. Karena untuk sampai saja di lokasi perkemahan air terjun, pengunjung harus berjalan sekitar 15 menit dari Pos di jalan raya Manado -  Tomohon menuju tempat perkemahan.  Pengunjung akan menyusuri jalan setapak yang pada beberapa tempat menanjak atau menurun dan ada juga yang menuruni anak tangga.

Sepanjang perjalanan, anda dapat menikmati suasana perkebunan cengkeh dan kelapa, disamping pepohonan dan aneka tanaman khas daerah tropis. Kicauan burung dan suara angin diantara pepohonan seolah menjadi paduan musik yang tiada bandingnya. Lambat laun suara air yang bergemuruh mulai terdengar menjadi penuntun dan pertanda bahwa lokasi air terjunnya sudah dekat.

Berada di lembah di antara hutan hujan alami, air terjun ini seolah menyembunyikan keindahannya dan menunggu kedatangan para penjelajah alam.

Tidak ada papan tanda atau penunjuk arah untuk menuju ke lokasi ini, Jadi sebaiknya anda berkoordinasi dengan agen perjalanan setempat atau hubungi orang-orang yang sudah pernah ke lokasi ini.
 air terjun tinoor di tomohon sulawesi utara
How to get there.
Air terjun Tinoor terletak di bagian utara kota Tomohon, di desa Tinoor. Namun walaupun disebut Air terjun Tinoor, tapi lokasinya berada jauh di luar desa Tinoor itu sendiri. Oleh penduduk lokal nama air terjun ini sebenarnya air terjun "Regesan".


Untuk menuju ke lokasi ini, dari Manado ditempuh sekitar 20 - 25 menit berkendara dan anda akan melihat disebelah kiri jalan raya Manado - Tomohon, ada sebuah bangunan beton tersendiri di tengah-tengah perkebunan, yang penuh coretan iseng "kreatifitas" anak-anak muda yang datang berkunjung. Dari "Pos" tersebut ada jalan setapak yang sudah di semen. Anda tinggal menyusuri jalan tersebut sampai di lokasi perkemahan.
 

Dari tempat berkemah, terdapat sebatang pohon besar yang sangat menyolok. Dari situ anda akan melihat sebuah jalan yang agak terjal dan seolah hanya berupa jalan air alami. Ikuti jalan tersebut.
waterfall in Tinoor tomohon minahasa


Awal petualangan yang sesungguhnya.

Disini anda akan memulai "petualangan" yang sesungguhnya. Jalan alami, diantara rimbunnya rumput dan pepohonan hutan hujan membuat jalan ini lembab, licin, berbatu dan berlumpur.

Anda akan menapaki jalan yang terjal ini dengan penuh hati-hati. Namun itu belum seberapa, karena yang tersulit adalah saat anda kembali. Anda bukan hanya menggunakan kaki untuk berjalan tapi anda juga harus menggunakan tangan untuk "merangkak" naik di jalan air di antara batu batu besar.

Area ini dikenal oleh penjelajah lokal sebagai daerah yang sangat menantang, karena merupakan area "jalan empat kaki" alias merangkak, apalagi saat musim hujan. Jadi untuk kembali ke lokasi perkemahan, anda membutuhkan juga sedikit usaha untuk climbing atau memanjat.

Objek wisata ini termasuk masih jarang dikunjungi oleh wisatawan domestik dan mancanegara karena, selain kurang dipromosikan dengan serius oleh pemerintah dan pelaku wisata, pengunjung juga masih sulit untuk menuju ke lokasi dan areanya yang memang masih hutan alami.

Oleh karena itu, objek wisata ini hanya direkomendasikan untuk mereka yang berjiwa petualang dan memiliki kemampuan fisik yang menunjang untuk menempuh perjalanan ini.


Pada hari libur, tempat ini sering juga menjadi tempat camping favorit untuk para pecinta alam.
giant tree in Water fall Tinoor
Pohon besar penanda jalan

What to bring/wear:
- Payung atau jas hujan (sedia payung sebelum hujan)
- Air mineral dan makanan
- Kamera/handycam
- Baju ganti/handuk
- Sepatu/baju yang nyaman untuk trekking 
+ Perlengkapan kemah bila ingin bermalam
camping area in waterfall tinoor

Catatan;
- Jangan buang sampah (plastik, gelas dll) disekitar perkemahan dan perkebunan karena tidak ada petugas kebersihan di sana.
- Jangan merusak tanaman dan pohon.
- Apapun kegiatan anda, ingat "safety first". Keselamatan adalah yang utama.

AYO LIHAT VIDEONYA DI SINI

Artikel lain tentang objek wisata Tomohon;
- Air terjun Tapahan telu, sebelum kesana survey dulu lewat foto-fotonya yuk!
- Berkunjung ke air terjun Pinaras
- Ayo kenali lebih dekat gunung Lokon
- Desa Woloan: industri rumah kayu dan Amphi theatre
- Gunung ini sangat terkenal hingga ke mancanegara, karena selain mudah untuk di daki juga menawarkan keindahan yang luar biasa dipuncaknya. Ayo ke gunung Mahawu!
- 5 tempat wisata populer di Tomohon

If you like this article, please share!

AYO BANTU PROMOSI KOTA TOMOHON 
MENJADI TUJUAN WISATA FAVORIT DI INDONESIA

Komentar

Top 5 artikel

Asal usul nama cap Tikus

Cap Tikus, Minuman tradisional dari Minahasa

Pasar tradisional Tomohon, EKSTRIM!

Daftar kelurahan/desa di kota Tomohon

5 tempat wisata populer di Tomohon