Asal usul nama kota Tomohon

sejarah dan asal usul nama kota Tomohon
Kota Tomohon
Sebagai orang Tomohon atau yang suka sama kota cantik ini, ada baiknya kita juga mengenal sejarah, budaya dan kekayaannya termasuk mengetahui asal mula kenapa kota bunga ini disebut Tomohon.

Berikut hasil penelusuran penulis berdasarkan beberapa sumber yang didapat.

Pada zaman dahulu, Tomohon adalah wilayah hutan pegunungan yang sangat kaya akan sumber air karena terletak di kaki gunung Lokon, Mahawu dan Masarang. Penduduk yang tinggal dikawasan lembah pegunungan ini dikenal sebagai Tou Mu'ung.

Mata air Mu'ung matani

kata "Tou" artinya orang, sedangkan kata "Mu'ung" belum ada yang tahu pasti. Sebagian orang berpendapat, kata “Mu’ung” berarti sumber mata air.  

Namun ada juga yang berpendapat menurut cerita para tua-tua (orang tua) Mu'ung adalah nama dari seorang wanita tua yang tinggal disekitar sumber air yang kemudian menjadi nama sumber mata air tersebut. Bahkan dalam cerita tersebut disebutkan bahwa Mu'ung dan Sineleyan memiliki hubungan keluarga. Hal ini dibuktikan dengan adanya lagu dengan bunyi syairnya, "Ma' tuari kan de en Sineleyan Mu'ung".(1)

Jadi arti Tou Mu'ung adalah orang mata air atau orang yang tinggal di sumber mata air.


Satu-satunya tempat yang memiliki nama “Mu’ung” adalah sebuah mata air besar yang kini menjadi tempat pemandian umum di Kelurahan Matani Dua yang berbatasan dengan “Wakas” di kelurahan Paslaten 2.

Mata air Mu'ung di Matani kota Tomohon, asal usul nama Tomohon
Mata air Mu'ung di Matani dekat wakas, asal muasal nama Tomohon
Mata air Mu'ung
Beberapa orang tua berpendapat, ada kemungkinan nama tempat mata air inilah yang menjadi asal usul nama Tomohon.
asal usul nama tomohon, sumber mata air, kalimpesan, sejarah tomohon
Mata air kalimpesan
Namun ada juga yang berpendapat lain, menurut mereka sebutan Mu'ung atau sumber mata air berlaku untuk wilayah Tomohon yang lebih luas. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya sumber air yang ada di hampir seluruh desa/kelurahan di Tomohon, seperti Sineleyan di Talete, Ma'langen dan Kalimpesan di Paslaten 2, dan banyak lagi.

Karena gubahan lidah dari waktu ke waktu sebutan “Tou Mu’ung” lambat laun menjadi Tomohon.


Tomohon adalah suatu daerah Minahasa yang sub-etniknya termasuk dalam etnik Tombulu.



Pawai di kota Tomohon, 17 agustus, hardiknas, hari kemerdekaan, asal usul tomohon
Suasana pawai di Jl raya Tomohon
Sub-etnik Tombulu'

Sub-etnik ini sejak jaman purba tidak mengalami perubahan nama. Leluhur dalam periode ini yang menjadikan Mai'esu, dekat Tomohon, sebagai pusat pemerintahan yang dipimpin oleh Belung dan Kakemkeman. Para kepala negeri atau Walak adalah Walean, Tumurang, dan Mandagi di Sarongsong, Tumbel Woto di Tombariri, Lumongdong di Kakaskasen, Mokoagow di Kinilow, Mangundap di Tanahwangko, dan Lolong di Wenang yang sekarang bernama Manado. 

Pakasa'an Tombulu' terdiri dari tiga walak, yakni; Tonsarongsong di Selatan, Tomohon di tengah, dan Tombariri di Utara, dan tidak pernah berubah hingga sekarang ini (2)


Pemandangan kota Tomohon, asal usul nama tomohon, sejarah tomohon
Tomohon saat ini
Dan orang Tomohon disebut juga orang Tombulu atau orang “Wuluh” atau orang gunung, yaitu orang yang berbahasa sub etnikTombulu. Pemakai bahasa ini termasuk sebagian di wilayah kota Manado, Tombariri, Airmadidi, Pineleng dan Sonder.


Ada yang punya info lain? silahkan dibagi infonya supaya lebih lengkap


 Sumber; 


1. Seminar sejarah gereja GMIM Maranatha Paslaten, 24 September 2016. Nara sumber Ben Palar


2. sumber: Jessy Wenas: Sejarah dan budaya minahasa, hal 13


3. berbagai sumber


 

Patung opo Tololiu di pertigaan Jl. raya Tomohon Matani
patung Tololiu di Matani

Artikel/video lain tentang Tomohon;

Tari Kabasaran seharusnya disebut Kawasaran, karena berasal dari kata "wasar", dimana gerakan para penari digambarkan bagai pertarungan dua ekor ayam jantan yang sudah dipotong jenggernya (wasar) supaya menjadi lebih berani dan tanpa rasa takut.



Ternyata sekalipun penikmat "cap tikus" sangat banyak tapi asal muasal namanya belum banyak yang tahu. Dari penelusuran penulis, ada tiga versi tentang asal usul nama minuman alkohol ini,






Menurut cerita orang tua, pada mulanya gunung Lokon adalah gunng tertinggi dan terbesar di Minahasa atau biasa disebur Malesung. Saking tingginya, jarak antara puncak gunung Lokon dan langit hanya seukuran setangkai sendok




- Masa orde baru hingga kini 
- Masa perjuangan kemerdekaan hingga Permesta  
- Sejarah Tomohon 
- Objek wisata 
- All about Tomohon 
- Olah - raga 
If you like this article, please share!

AYO BANTU PROMOSI KOTA TOMOHON 
MENJADI TUJUAN WISATA FAVORIT DI INDONESIA

Komentar

Top 5 artikel

Asal usul nama cap Tikus

Cap Tikus, Minuman tradisional dari Minahasa

Pasar tradisional Tomohon, EKSTRIM!

Daftar kelurahan/desa di kota Tomohon

5 tempat wisata populer di Tomohon