Meriahkan HUT ke -175, Rurukan gelar berbagai lomba dan syukuran

Desa Rurukan di kota Tomohon

Rurukan yang terletak di kawasan timur kota Tomohon, Sulawesi Utara, merupakan sebuah desa yang sangat populer sebagai destinasi agro wisata yang memiliki pemandangan yang indah dengan udara sejuknya. Tempat ini sudah dikenal dari sejak zaman kolonial Belanda.

Saat ini, Desa Rurukan memiliki berbagai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti wisata alam dan wisata budaya. Salah satu wisata alam yang terkenal di desa Rurukan ini adalah Gunung Mahawu, gunung yang masih aktif dan memiliki keindahan alam yang menakjubkan. 



Tahun ini, Desa Rurukan merayakan Hari Ulang Tahunnya yang ke-175 dengan berbagai acara dan kegiatan yang menarik dari tanggal 27 hingga 30 April 2023.

Pada tanggal 27 April, terdapat lomba "donci tua" dan "karembangan" yang merupakan tradisi masyarakat setempat seja dahulu kala.

Kemudian tanggal 28 April, terdapat lomba Ma'zani dan lomba pelekat yang diikuti oleh kepala lingkungan dan wakilnya. Suatu perlombaan sebagai upaya untuk terus melestarikan budaya leluhur mereka.

Tanggal 29 April semua masyarakat melakukan kegiatan gotong royong membuat tenda-tenda di setiap lingkungannya untuk perayaan puncak HUT desa Rurukan.

Tanggal 30 April, merupakan puncak perayaan dengan adanya acara makan bersama sebagai ucapan syukur masyarakat.

Dalam perayaan HUT Desa Rurukan tahun 2023, kita dapat merasakan kehangatan dan kebersamaan dari masyarakat Desa Rurukan yang masih memegang teguh nilai-nilai tradisi dan budaya mereka. 

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika anda datang ke kota Tomohon, jangan lupa untuk mengunjungi desa Rurukan merasakan keindahan alam dan keunikan budaya masyarakat Desa Rurukan.


Baca artikel lainnya;

Mengenal gunung Lokon

Gunung Lokon masuk dalam kategori Strato vulcano dan memiliki kawah bernama "Tompaluan" yang unik dan lain dari gunung pada umumnya karena berada di kaki gunung bukan di puncaknya.

Wisata Gunung Mahawu

Gunung Mahawu adalah salah satu gunung favorit di sulawesi utara yang sering didaki oleh para pecinta alam. Mencapai puncak gunung yang relatif mudah dilakukan membuat gunung ini adalah gunung yang paling banyak dikunjungi dari semua gunung di sulawesi utara

- Asal-usul nama cap tikus

Minuman ini sudah merakyat sejak dulu, namun banyak orang yang belum tahu asal usul nama minuman beralkohol tradisional khas Minahasa ini.

Begini cara membuat minuman cap tikus

Mengenal bahan dan proses bagaimana orang Minahasa membuat cap tikus secara turun temurun.


Bila kamu suka artikel ini, dishare ya.
Ayo bantu promosi kota Tomohon
menjadi "Tujuan Wisata Favorit" di Indonesia

Komentar

Top 5 artikel

Asal usul nama cap Tikus

Cap Tikus, Minuman tradisional dari Minahasa

Pasar tradisional Tomohon, EKSTRIM!

Daftar kelurahan/desa di kota Tomohon

5 tempat wisata populer di Tomohon