Letusan Gunung Soputan (5 Januari 2016)

Letusan gunung Soputan dilihat dari kota Tomohon
Gunung Soputan meletus (5/01/2016)
Tomohon, mytomohon.blogspot.co.id 
Soputan (+ 1784 meter diatas permukaan laut) adalah gunung api strato aktif yang terletak di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dan Minahasa Tenggara (Mitra), propinsi Sulawesi Utara.
Pada hari ke-4 di tahun baru ini (4/01/2016) pukul 18:00 WITA status gunung Soputan dinaikkan dari Waspada (level II) menjadi Siaga (level III) yang kemudian sekitar jam 20;53 meletus dengan melontarkan debu vulkanik setinggi 2000 meter kearah tenggara.
Aktifitas letusan gunung Soputan yang terus berlanjut pada tanggal 5 dan 6 Januari 2016 membuat PT Angkasa Pura sebagai pengelola bandara Sam Ratulangi Manado harus menutup bandara selama beberapa waktu dengan pertimbangan keselamatan penerbangan.
Kini masyarakat sekitar yang terkena dampak letusan sudah mulai beraktifitas seperti semula walaupun beberapa petani harus merugi karena tanamannya mati.
 Tali sepatu LED
Tali sepatu lampu (klik gambar utk detailnya)
Rekomendasi BADAN GEOLOGI 


Sehubungan dengan peningkatan tingkat aktivitas Gunung Soputan menjadi LEVEL III (SIAGA), Badan Geologipun mengeluarkan 5 rekomendasi sebagai berikut :

1.    Masyarakat agar tidak beraktivitas di dalam radius 4 km dari puncak G. Soputan, serta sektoral ke arah barat daya – barat – baratdaya sejauh 6.5 km. Dan dilarang melakukan pendakian ke puncak dan beraktivitas di sekitar area camping ground.

2.    Masyarakat agar mewaspadai potensi ancaman banjir lahar, terutama pada musim hujan yaitu di wilayah sekitar aliran sungai-sungai yang berhulu di lereng G. Soputan, seperti Sungai Ranowangko, Sungai Lawian, Sungai Popang dan Londola Kelewahu.

3.    Untuk mewaspadai potensi hujan abu dikala terjadi letusan, maka masyarakat di sekitar Gunung Soputan dianjurkan untuk senantiasa menyiapkan masker penutup hidung dan mulut, untuk mengantisipasi ancaman gangguan saluran pernapasan.

4.    Masyarakat di sekitar Gunung Soputan diharap tenang, tidak terpancing isu-isu letusan Gunung Soputan. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi senantiasa berkoordinasi dengan BNPB, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), Pemerintah Kabupaten Minahasa, Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara tentang aktivitas Gunung Soputan. Masyarakat harap selalu mengikuti arahan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah.


5.    Pemerintah Daerah agar berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Soputan di Silian Tiga, Kecamatan Silian Raya, Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara atau dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Mungkin anda tertarik baca artikel terkait;

If you like this article, please share!

AYO BANTU PROMOSI KOTA TOMOHON 
MENJADI TUJUAN WISATA FAVORIT DI INDONESIA


Komentar

Top 5 artikel

Asal usul nama cap Tikus

Cap Tikus, Minuman tradisional dari Minahasa

Pasar tradisional Tomohon, EKSTRIM!

Daftar kelurahan/desa di kota Tomohon

5 tempat wisata populer di Tomohon