Si jago merah melahap hutan gunung Lokon (23 September 2015)

 Mau lihat videonya di youtube? klik gambarnya
Mau lihat videonya di Youtube? Klik gambarnya

Rabu, 23 September 2015, sekitar pukul 4 sore, kota Tomohon gempar karena hutan di gunung Lokon mulai dilahap si jago merah. Kemarau panjang selama beberapa bulan ditambah tiupan angin kencang menjadikan api sulit dikendalikan dan dengan mudah menghanguskan hutan lindung yang diperkirakan sekitar 100 hektar lebih.

Para petugas dibantu masyarakat sekitar berusaha melakukan berbagai upaya untuk membatasi kebakaran dengan menggali parit ataupun upaya -upaya lainnya untuk menghentikan aksi si jago merah ini. Beberapa pejabat juga turut turun lapangan untuk memantau secara langsung proses penanggulangan bencana ini.

Belum diketahui dengan pasti penyebab kebakaran ini, apakah faktor alam yang kering karena kemarau panjang atau karena keteledoran manusia yang membakar rumput di kebun. Karena asal api terlihat dimulai dari kaki gunung Lokon kemudian merambat dengan cepat ke puncak gunung.

Kamis, 24 September hingga pukul 2 siang masih tampak asap tebal dibagian utara kaki gunung, sedangkan di bagian timur habis terbakar.

Ada yang unik dari gunung Lokon ini, setiap bulan September selalu ada kejadian.

September 10, 2013
September 13,2014


September 23, 2015

Mungkin anda tertarik baca artikel terkait;

If you like this article, please share!

AYO BANTU PROMOSI KOTA TOMOHON 
MENJADI TUJUAN WISATA FAVORIT DI INDONESIA



Komentar

Top 5 artikel

Asal usul nama cap Tikus

Cap Tikus, Minuman tradisional dari Minahasa

Pasar tradisional Tomohon, EKSTRIM!

Daftar kelurahan/desa di kota Tomohon

5 tempat wisata populer di Tomohon