Inilah tiga rencana PD Pasar Tomohon yang ditolak pedagang

mytomohon.blogspot.com PD Pasar Tomohon rapat dengan para pedagang dan dari pertemuan yang berlangsung (12/02/2016) sekitar jam 13:00, para pedagang keberatan dan mempertanyakan rencana PD Pasar Tomohon yang akan menerapkan beberapa usulan/ketentuan di tahun 2016.

Inilah beberapa usulan/ketentuan PD Pasar Tomohon yang ditolak para pedagang;
1. Rencana/usulan seragam bagi para pedagang
Dirut PD Pasar Hofny Kalalo SH mengusulkan para pedagang untuk memiliki seragam yang nantinya diatur sendiri diantara pedagang supaya rapi. Usulan seragam ini langsung ditolak pedagang karena berbagai pertimbangan. Dirut kemudian meralat bahwa seragam itu bukan ukuran dan bila pedagang mau, tapi bila tidak, maka tidak usah.  Lihat videonya disini!


2. Pembukaan rekening di bank
Setiap pedagang wajib membuka rekening dibank yang telah ditunjuk dengan saldo minimal Rp.1.000.000. Yang nantinya PD Pasar lewat pihak bank akan memotong langsung biaya retribusi harian pedagang bila pedagang tidak berjualan.

Para pedagang keberatan karena banyak yang modal usahanya saja dibawah satu juta atau dibawah lima ratus ribu, yang modal tersebut harus diputar terus untuk menutup biaya operasional dan kebutuhan hidup. Bila satu juta disimpan dibank maka mereka tidak bisa berjualan lagi karena tak ada modal usahanya. Selain itu pedagang juga mengingatkan Dirut Pasar tentang adanya undang-undang (baca hukum) perlindungan hak nasabah bank. Sehingga dana nasabah tidak bisa ditarik oleh siapapun selain nasabah itu sendiri. Lihat videonya disini!

3. Tempat usaha yang terlalu kecil
Satu bak dibagi dua, jadi satu bak adalah tempat untuk dua pedagang. Selain itu luas tempat/bak telah ditentukan dan demi kenyamanan bersama, dihimbau para pedagang tidak membawa dagangannya melebihi kapasitas tempat yang telah ditentukan.

Para pedagang keberatan karena tempat usaha yang diberikan terlalu kecil untuk jenis jualan mereka yakni barito (bawang, rica, tomat), bumbu dan sayur mayur. Padagang merasa ada perbedaan perlakuan antara pedagang daging dengan mereka. Ketika dijelaskan perbedaan jumlah retribusi, pedagang minta disamakan biaya retribusi asal tempat tidak dibagi dua karena terlalu kecil.
Lihat videonya disini!


Baca selanjutnya:
- PD Pasar Tomohon VS Pedagang; Sosialisasi buntu solusi!
   => Inilah rencana PD Pasar Tomohon yang ditolak pedagang

 Sulitnya lahan parkir di pasar
- Inilah masalah klasik yang tak kunjung selesai di Pasar Tomohon





Artikel terkait Pasar Tomohon;
 Yang unik dan langka di pasar Tomohon
- Belum tahu keunikan pasar Tomohon? baca ini!






 Yang ekstrim di pasar Tomohon
- Inilah alasan pasar Tomohon dibilang ekstrim











(Video) Aksi para pedagang ini membuat pengunjung tersenyum.
- Caboku sayang, caboku malang

If you like this article, please share!

AYO BANTU PROMOSI KOTA TOMOHON 
MENJADI TUJUAN WISATA FAVORIT DI INDONESIA

Komentar

Top 5 artikel

Asal usul nama cap Tikus

Cap Tikus, Minuman tradisional dari Minahasa

Pasar tradisional Tomohon, EKSTRIM!

Daftar kelurahan/desa di kota Tomohon

5 tempat wisata populer di Tomohon